Kamis, 14 Juli 2011

Sekilas Tentang Kanker Prostat

Submitted by artikelpria on July, 11, 2011
Sekilas Tentang Kanker Prostat
Pelajari semua yang anda butuhkan untuk mengetahui kanker prostat dalam ikhtisar ini .
Kanker prostat untuk laki-laki serupa dengan kanker payudara bagi perempuan, setidaknya dalam beberapa hal. Meskipun kanker prostat adalah kanker terkemuka pada pria, selain dari kanker kulit, dan kanker penyebab kematian kedua setelah kanker paru-paru, banyak orang masih tidak mengetahui penyakit ini. Jadi sudah waktunya, sekali dan untuk semua, untuk memberikan semua orang di luar sana segala sesuatu yang mereka ingin tahu tentang kanker prostat dalam tiga bagian panduan kanker prostat berikut ini.
Apa itu kanker prostat?
Hanya laki-laki yang memiliki prostat; yaitu kelenjar seukuran kenari yang terletak tepat di depan rektum dan di bawah kandung kemih. Tugas prostat adalah untuk melindungi dan memelihara sel-sel sperma dengan membuat cairan khusus yang masuk ke dalam air mani.
Ukuran Prostat umumnya tetap sama, tetapi pada pria usia lanjut, mungkin terus tumbuh dan menyebabkan apa yang dikenal sebagai pembesaran prostat, atau benign prostatic hyperplasia (BPH). BPH biasanya menyebabkan sering pergi ke toilet atau sakit ketika buang air kecil. Prostat juga meradang (keadaan ini disebut prostatitis) melalui infeksi atau penyebab lain yang tidak diketahui. Prostatitis adalah sangat umum dan memiliki gejala yang mirip dengan BPH. Baik  BPH dan prostatitis bukan kanker dan mudah diobati.
Sembilan puluh sembilan persen dari sel-sel dalam prostat adalah sel-sel kelenjar, yang membentuk cairan prostat yang ditambahkan ke air mani. Kanker prostat terbentuk saat sel-sel kelenjar ini menjadi agresif dan mulai tumbuh di luar kendali. Sel seperti ini adalah kanker. Sel menjadi kanker ketika DNA mereka rusak, menyebabkan mereka untuk berperilaku tidak normal. Sel ini akan membagi lebih cepat membentuk tumor dan bahkan dapat menyebar (atau metastasis) ke lain bagian tubuh melalui aliran darah atau pembuluh limfatik.
Berapa banyak orang yang terkena kanker prostat?
Menurut American Cancer Society:
* 1 dari 6 pria akan mengembangkan kanker prostat (ini sama dengan 186.320 kasus baru di Amerika Serikat pada 2008).
* Hanya 1 dari 35 pria dengan kanker prostat akan mati karenanya (ini sama dengan 28.660 kematian akibat kanker prostat di Amerika Serikat pada 2008).
* Lebih dari 9 dari 10 pria dengan kanker prostat didiagnosis pada tahap awal sebelum penyakit ini menyebar ke bagian tubuh lainnya. (Orang-orang ini memiliki 100% kesempatan untuk bertahan lima tahun dari saat diagnosis bila dibandingkan dengan laki-laki usia dan ras yang sama yang tidak memiliki kanker. Kesempatan untuk bertahan hidup mengacu khusus untuk kematian dari kanker prostat dan bukan penyebab lain.)
* Relatif selamat selama 10 tahun adalah 91%,dan relatif selamat selama 15 tahun adalah 76%.
* Laki-laki dengan kanker prostat tingkat lanjut memiliki 32% kemungkinan selamat lima tahun dari diagnosis bila dibandingkan dengan laki-laki usia dan ras yang sama yang tidak memiliki kanker.
Jadi, apa yang bisa kita ambil dari semua ini? Yah, kanker prostat merupakan penyakit yang sangat umum pada laki-laki, tapi berkembang perlahan-lahan dan kelangsungan hidup secara keseluruhan untuk laki-laki adalah cukup baik karena penyakit ini mudah diobati dan sering sembuh. Diagnosis dan metode pengobatan terus-menerus diperbaiki, sehingga jika Anda didiagnosis hari ini, peluang Anda untuk bertahan hidup cenderung lebih tinggi daripada statistik di atas.
Siapa yang berisiko untuk kanker prostat?
Tidak semua faktor risiko untuk kanker prostat telah diidentifikasi, tetapi beberapa faktor risiko adalah berikut :
Usia
* Kanker prostat jarang ditemukan pada mereka yang berusia di bawah 40.
* Resiko meningkat secara signifikan setelah usia 50.
* Lebih dari 60% dari semua kanker prostat didiagnosis berada dalam laki-laki yang lebih tua dari 65.
* Rata-rata umur diagnosis adalah 70.
Ras
* Kanker prostat lebih umum pada laki-laki kulit hitam.
* Kemungkinan pria berkulit hitam untuk meninggal akibat kanker prostat lebih dari dua kali daripada pria-pria Kaukasia .
* Kanker prostat lebih jarang terjadi di Asia Amerika dan Hispanik / Latin.
* Alasan untuk perbedaan ras tidak jelas, tetapi kemungkinan besar perbedaan sosial ekonomi,diet dan genetik semua mempengaruhi peningkatan risiko bagi laki-laki hitam.
Sejarah keluarga
* Kanker prostat tampaknya berjalan dalam keluarga.
* Memiliki saudara laki-laki atau ayah dengan kanker prostat hampir menggandakan risiko penyakit.
* Beberapa mewarisi gen yang menyebabkan peningkatan risiko, tetapi sangat sedikit yang telah diidentifikasi.
* Tidak ada tes genetik tersedia untuk kanker prostat.
Diet
* Laki-laki yang banyak makan daging merah tinggi lemak atau produk susu berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kanker prostat.
Studi lain menyarankan bahwa menjadi gemuk, menjalani vasektomi atau memiliki infeksi prostat atau prostatitis dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat, tetapi hasilnya bertentangan. Orang tidak boleh menghindari vasektomi karena takut kanker prostat


http;// indratno-kualitas hidup lebih baik. blogspot.com